Pengertian Gejala Alam Biotik, Abiotik dan Contohnya



Kalau membahas tentang pengertian gejala alam biotik maupun abiotik, maka kita akan bersinggungan dengan ekosistem dan komponen-komponennya. Nah yang dimaksud dengan gejala alam biotik adalah gejala-gejala yang dipunyai oleh makhluk hidup atau benda yang tak mati.

Sedangkan gejala alam abiotik adalah sebaliknya, yaitu gejala alam yang dimiliki oleh komponen-komponen tak hidup atau benda mati. Segala gejala alam yang berhubungan dengan benda-benda tak bernyawa atau bukan makhluk hidup dissebut gejala alam abiotik.

Contoh gejala alam biotik dapat kita lihat pada rantai makanan, dimana saling ketergantungan antar rantai makanan dapat dilihat disini. Dan apabila salah satu komponen putus, maka dapat menyebabkan putusnya rantai makanan tersebut.

Dan untuk contoh gejala alam abiotik dapat kita lihat pada komponen alam yang sangat penting, yaitu air, oksigen dan tanah. Dimana kalau terjadi perubahan pada ketiga komponen ini, maka akan berdampak pada lingkungan sekitar dan juga makhluk hidup didalamnya.

Nah semoga penjelasan singkat diatas dapat membantu anda yang sedang mencari infonya.

Artikel Terkait Pengetahuan Umum

1 comments: