Pengertian Tuna Rungu



Apakah yang dimaksud pengertian tuna rungu? Istilah tunarungu digunakan untuk orang yang memiliki cacat atau kelainan pada pendengaran yaitu organ pendengaran tidak berfungsi dengan normal.

Kadang kita menyebut istilah tersebut dengan perkataan yang lebih kasar yaitu 'tuli' atau 'pekak'. Namun sebutan yang paling pantas adalah tunarungu, yaitu diambil dari kata 'tuna' yang artinya 'kurang' dan rungu yang memiliki arti 'pendengaran'.

Jadi definisi tuna rungu memiliki maksud orang yang memiliki cacat pada pendengaran yaitu kurang dapat mendengar atau bahkan tidak dapat mendengar sama sekali.

Sedangkan pengertian tunarungu menurut para ahli memiliki arti yang mungkin tidak sama. Salah satu ahli yaitu Andreas Dwidjosumarto mengemukakan tentang makna dari tunarungu yaitu:

Tunarungu dapat diartikan sebagai suatu keadaan kehilangan pendengaran yang mengakibatkan seseorang tidak dapat menangkap berbagai perangsang terutama melalui indera pendengaran

Penderita tunarungu biasa menggunakan alat bantu dengar untuk mendengarkan lebih jelas apabila mereka masih mampu mendengarkan namun kurang jelas.

Artikel Terkait Pengetahuan Umum

0 comments:

Post a Comment