Pengaruh umur terhadap tingkat pengetahuan



Bicara tentang pengaruh umur terhadap tingkat pengetahuan rasanya memang perlu kita diskusikan. Banyak yang bilang kalau semakin tua seseorang maka semakin susah untuk menyerap ilmu pengetahuan yang diajarkan, tidak seperti anak muda yang masih fresh dan mudah dalam menerima pengetahuan baru.

Terlepas dari sisi medis atau psikis seseorang, memang untuk remaja bisa dibilang lebih mudah memahami apa yang diajarkan dari sekolah maupun dari orang lain. Karena kalau dilihat dari tuntutan hidup, remaja belum memikirkan tanggungan hidup yang berat.
Mungkin ini juga merupakan salah satu sebab kenapa orang yang berumur lebih tua agak susah menerima pelajaran atau berkambang dalam hal pengetahuan. Karena banyak beban pikiran yang harus ditanggung, dan dari segi kehidupan sudah banyak sekali masalah serta beban hidup yang harus dipenuhi.

Namun demikian, bukan berarti kita sebagai orang yang telah 'terlambat' dari segi usia tidak pantas untuk belajar. Kesempatan masih sama saja dengan para remaja, terbukti sekarang ada program belajar kejar paket A, B, maupun kejar paket C yang memungkinkan untuk para oarng tua kembali belajar dan mengejar ketinggalan mereka.

Kalau membahas lebih jauh tentang pengaruh umur terhadap tingkat pengetahuan, mungkin akan banyak opini dan pendapat yang berbeda. Tergantung dari diri kita juga, masih mau berkembang dan membuka diri untuk pengetahuan baru atau tidak.

Artikel Terkait Pengetahuan Umum

0 comments:

Post a Comment