Fungsi Kabel UTP

Kabel UTP adalah jenis kabel yang biasa digunakan dalam jaringan komputer, lalu apa fungsi kabel UTP tersebut? Kegunaan kabel UTP adalah kabel yang dirancang khusus untuk menghantarkan transmisi data dalam suatu jaringan komputer.

UTP merupakan singkatan dari Unshielded Twisted Pair yang berarti Unshielded= tidak tahan terhadap gangguan interferensi elektromagnetik, dan Twisted Pair= artinya terdiri dari pasangan-pasangan kabel yang disusun secara berlilitan atau membentuk spiral.

Jenis kabel UTP yang paling banyak digunakan untuk perangkat komputer yaitu kabel UTP kategori 3, yang mampu menghantarkan data sampai dengan 10 mbps. Penggunaan kabel UTP dapat kita lihat pada kantor-kantor atau warnet yang memiliki sisstem jaringan LAN untuk menghubungkan komputer client ke komputer server.

Nah kurang lebih itulah yang dimaksud dengan pengertian dan fungsi kabel UTP dalam jaringan komputer. Artikel diatas merupakan kelanjutan dari topik pengetahuan yang sebelumnya sudah dibahas yaitu tentang resonansi.


Category Article

What's on Your Mind...