Daur Hidup Taenia Saginata [Cacing Pita]



Untuk memahami daur hidup taenia saginata atau cacing pita sapi pada tubuh manusia silahkan lihat pada gambar dibawah ini. Sebenarnya bukan hanya cacing pita sapi saja, namun siklus hidup taenia solium atau cacing pita babi juga memiliki urutan yang sama seperti terlihat pada gambar berikut ini

Daur Hidup Taenia Saginata

Pertama, proglotid yang kaya akan telur cacing pita akan keluar dari badan manusia lewat kotoran. Selanjutnya kotoran yang mengandung telur cacing ini akan dimakan oleh binatang sapi/ babi.

Kedua, melalui proses alat pencernaan babi, proglotid tadi akan terbawa aliran d4rah menjadi bentuk baru yaitu Onkosfera (larva heksakan) yang selanjutnya memasuki otot berlemak pada sapi/ babi dan menjadi sistiserkus.

Ketiga, ketika manusia mengkonsumsi daging yang mengandung sistiserkus ini maka akan menyebabkan timbulnya cacing d3wasa yang berkembang biak didalam usus manusia.


Nah sedikit uraian diatas kiranya cukup menjelaskan tentang daur hidup taenia saginata dan mengapa perlu berhati-hati dalam memilih daging, dan kita tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daging babi, karena ternyata mungkin saja didalamnya terkandung bibit cacing pita.

Artikel Terkait Pengetahuan Umum

0 comments:

Post a Comment