Sejarah Dan Makna Tari Pendet

Pengertian Tari Pendet

Kalau bicara tentang sejarah tari pendet dan makna tari pendet yang mungkin kita sudah mengenalnya, maka tidak terlepas dari asal-usul seni budaya tari yang berasal dari Bali ini. Tari pendet adalah ritual sakral yang biasa disebut juga dengan mendet atau memendet. Tari pendet dibawakan secara beramai-ramai dimana para penari membawa perlengkapan sesaji dan bunga.

Sejarah Dan Makna Tari Pendet

Mengenai makna tari pendet, tari ini menceritakan tentang dewi-dewi yang turun dari kayangan ke bumi. Para penari Pendet yang biasanya merupakan para putri ini berdandan layaknya para penari upacara keagamaan, busana yang dikenakan adalah pakaian upacara, masing-masing penari membawa perlengkapan sesajian persembahan seperti sangku (wadah air suci), kendi, cawan, dan juga yang lainnya.

Sedangkan tentang sejarah tari pendet, seperti dikutip dari gentra.lk.ipb.ac.id, pada yahun1961, I Wayan Beratha mengolah kembali tari pendet dengan pola seperti yang kita ketahui sekarang, termasuk menjadikan jumlah penarinya menjadi 5 orang.

Selang satu tahun kemudian, I Wayan Beratha beserta kawan-kawan menciptakan tari pendet massal dengan jumlah penari tidak kurang dari 800 orang, hal ini dimaksudkan untuk ditampilkan dalam upacara pembukaan Asian Games yang diselenggarakan di Jakarta.


Category Article

3 Responses to “Blog Dede”

What's on Your Mind...