Sejarah Dan Makna Tari Pendet



Pengertian Tari Pendet

Kalau bicara tentang sejarah tari pendet dan makna tari pendet yang mungkin kita sudah mengenalnya, maka tidak terlepas dari asal-usul seni budaya tari yang berasal dari Bali ini. Tari pendet adalah ritual sakral yang biasa disebut juga dengan mendet atau memendet. Tari pendet dibawakan secara beramai-ramai dimana para penari membawa perlengkapan sesaji dan bunga.

Sejarah Dan Makna Tari Pendet

Mengenai makna tari pendet, tari ini menceritakan tentang dewi-dewi yang turun dari kayangan ke bumi. Para penari Pendet yang biasanya merupakan para putri ini berdandan layaknya para penari upacara keagamaan, busana yang dikenakan adalah pakaian upacara, masing-masing penari membawa perlengkapan sesajian persembahan seperti sangku (wadah air suci), kendi, cawan, dan juga yang lainnya.

Sedangkan tentang sejarah tari pendet, seperti dikutip dari gentra.lk.ipb.ac.id, pada yahun1961, I Wayan Beratha mengolah kembali tari pendet dengan pola seperti yang kita ketahui sekarang, termasuk menjadikan jumlah penarinya menjadi 5 orang.

Selang satu tahun kemudian, I Wayan Beratha beserta kawan-kawan menciptakan tari pendet massal dengan jumlah penari tidak kurang dari 800 orang, hal ini dimaksudkan untuk ditampilkan dalam upacara pembukaan Asian Games yang diselenggarakan di Jakarta.

Artikel Terkait Seni Budaya

3 comments:

  1. Template agan terlalu silau nih kalo menurut ane, blog loading sih udah bagus tapi cuma masalah di warna aja hehe

    Mampir ke blog ane juga ya :)

    ReplyDelete
  2. Izin baca gan :D keren banget triknya

    hehehe kunjungi blog ane juga ya :D

    ada kontes seo berhadiah domainnya juga :D

    ReplyDelete
  3. saya suka tari pendet,saya ingin belajar tari ini.
    meski saya bukan orang Bali,tapi saya ingin melestarikan tarian ini.untuk INDONESIA.

    ReplyDelete