Bencana Alam Gunung Meletus



Ada banyak sekali contoh bencana alam gunung meletus yang dapat kita temui dalam kurun waktu beberapa tahun kebelakang, baik itu bencana alam dalam skala kecil ataupun gunung meletus yang sampai mengakibatkan banyak kerusakan dan korban jiwa. Sebagai contoh, misalnya bencana alam gunung Merapi meletus, gunung Bromo meletus, dan juga Krakatau meletus.

Dampak yang ditimbulkan dari letusan gunung berapi sangatlah besar, mulai dari kerusakan lingkungan, hujan abu, bencana lahar dingin, sampai gangguan asap yang terbawa angin dalam jarak yang sangat jauh sekalipun akan terkena efeknya.

Bencana Alam Gunung Meletus

Contoh bencana alam gunung meletus yang dapat kita temui misalnya pada letusan Merapi di bulan Oktober 2010 silam. Dalam kejadian tersebut gunung Merapi sebagai salah satu gunung berapi yang masih aktif di Pulau Jawa meletus hingga menimbulkan semburan awan panas sampai ketinggian 1,5 km.

Dalam letusan Merapi 2010 tersebut banyak memakan korban jiwa, terutama masyarakat yang tinggal disekitar lereng Merapi, tak luput harta benda seperti ternak dan lahan pertanian juga menjadi korban letusan Merapi.

Sampai sekarang, Indonesia memiliki banyak gunung berapi yang masih aktif dan sewaktu-waktu dapat meletus sehingga menimbulkan bencana alam yang mungkin akan datang tanpa kita duga.

Artikel Terkait Pengetahuan Umum

0 comments:

Post a Comment